Sistem Transportasi dan Perkembangan Suatu Bangsa


Akhir-akhir ini, ketimbang saya bepergian menggunakan kendaraan pribadi, saya lebih suka menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api. Seperti diketahui, kereta api di Indonesia mulai mengalami perkembangan signifikan. Beberapa tahun lalu, saat saya bepergian, tidak ada terlintas di pikiran untuk bepergian menggunakan kereta api. Mulai dari kacaunya keadaan di kereta yang mengangkut kapasitas berlebih hingga keadaan gerbong yang tidak nyaman merupakan dua hal yang masuk dalam pertimbangan saya untuk lebih menggunakan mobil pribadi dalam bepergian. Maklum, jika menggunakan pesawat, waktu yang terbuang malah lebih banyak (perjalanan ke bandara, boarding time, delay) karena saya sering melakukan perjalanan pendek saja (Krian - Solo). Tapi saat ini, moda transportasi umum merupakan pilihan pertama saya dalam bepergian. Indonesia mulai melakukan perubahan dan perkembangan dalam sistem transportasi umum nya, itu yang saya suka.

Lalu apa hubungannya sistem transportasi (transportasi umum) yang baik dengan perkembangan suatu Negara? Hubungannya tentu berkaitan dengan ekonomi suatu negara, perilaku masyarakat suatu negara, sosial budaya, lingkungan dan masih banyak lagi.
Jika transportasi umum baik, maka kemacetan akan berkurang, roda perekonomian berputar lebih cepat, masyarakat semakin disiplin, pendidikan merata dan banyak lagi.
Mengapa itu bisa terjadi? Jawabannya adalah connectivity. Semua yang saling berhubung akan menghasilkan dampak positif lebih banyak pula.

Kita ambil contoh, dengan adanya sistem logistik maritim yang baik, pulau-pulau di Indonesia akan mengalami konektivitas yang baik pula. Terhubung dalam sisi ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya yang dapat menimbulkan keterikatan antara satu sama lain. Akan muncul industri baru, gerakan baru, kreativitas baru, manusia baru, individu baru.
Masyarakat pulau terluar akan mendapatkan hal yang didapat masyarakat di pulau Jawa (segi ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya, dll), begitu pula sebaliknya.

Intinya? Jika ingin mengubah Indonesia lebih baik lagi, perbaiki dahulu sistem transportasi kita. Perbaiki dahulu connectivity atau konektivitas atau hubungan atau keterikatan Nusantara, maka hal positif dalam semua sektor akan turut berkembang.
Transportasi berkelanjutan untuk Indonesia yang lebih baik.

Postingan populer dari blog ini

Ketika Hari Telah Berakhir

Kata Ini Kata Itu